Home » » Belajar Membaca

Belajar Membaca



Untuk bisa membaca apapun, kita harus tahu huruf demi huruf yang digunakannya, karena dari huruf-huruf itulah kelak tersusunlah kata dan kalimat yang mengandung makna maupun ide. Di samping itu, setelah huruf tersusun menjadi kata atau kalimat, kita pun harus mengetahui tanda baca serta kaidah-kaidah penulisan lainnya.

Hal ini dimaksudkan memperkecil resiko kesalahan saat memaknai tulisan tersebut, karena dalam satu kata/kalimat bisa saja terkandung banyak arti. Terutama saat kita dihadapkan pada sebuah kenyataan bahwa manusia harus selalu pandai membaca semestanya, baik yang bersifat makrokosmik, maupun mikrokosmik.


Oleh karena itu sebagai sebuah awalan dari suatu pembelajaran membaca semesta, mari kita mulai dengan mencoba membaca teks yang tersurat dalam buku-buku secara baik dan benar. Semoga dari sini kita bisa belajar pula memahami teks yang tersirat di dalamnya (oleh karena itulah, maka setiap agama pasti memiliki kitabnya).

“Buku merupakan kemenangan manusia yang paling besar,” demikian kata Louis L’Amour, seorang penyair besar dari Perancis. Karena hanya dengan membaca teks yang ada di dalam buku, seorang anak manusia bisa melampaui waktu menuju masa lampau, masa kini dan masa depan, bahkan masa yang tak pernah mungkin ada. Dalam sekejap pula, dengan membaca buku, kita bisa melampaui jarak, mengembara di seluruh pelosok dunia hingga yang terpencil, bahkan juga luar angkasa.

Ya, setidaknya dengan buku, kapan pun kita bisa tahu apa saja, mengenali siapa saja, mengunjungi tempat di mana saja. Oleh karena itu wajarlah, kalo ada orang yang berpendapat bahwa melarang buku berarti menghalangi tegaknya sebuah peradaban.

Jadi, jangan takut dan malu untuk selalu menjadi pelajar, karena pelajar adalah manusia yang mau belajar. Dan, dengan menjadi pelajar ini, kita akan semakin mempunyai peluang untuk bisa melahir sebuah peradaban yang biasa disebut sebagai ilmu (science) dan pengetahuan (knowledge), karena setelah kita mulai bisa membaca, kita pun akan tertarik untuk mulai belajar menulis! (ferre)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Onethinks Creative Workshop - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger